Penyakit Gerd (Refluks Gastroesofagus)

Penyakit Gerd (Refluks Gastroesofagus) - Inilah Gejala, Penyebab, Bahaya dan cara mengatasi penyakit gerd secara alamiah.

Penyakit Gerd

Penyakit Gerd atau Penyakit Refluks Gastroesofagus adalah suatu kondisi yang cukup umum yang terjadi ketika asam lambung dan isi perut lainnya kembali ke kerongkongan melalui sfingter esofagus bagian bawah (LES). LES adalah sebuah cincin otot yang terletak di saluran pencernaan di mana kerongkongan memenuhi perut. 

LES terbuka untuk memungkinkan makanan ke dalam perut ketika Anda menelan, dan kemudian menutup untuk mencegah isi lambung dari naik ke kerongkongan. Ketika LES lemah atau rusak mungkin tidak menutup dengan benar, sehingga isi perut berbahaya untuk kembali ke kerongkongan, menyebabkan gejala refluks asam.
Penyakit Gerd, Ini  Ciri-Cirinya
Penyakit Gerd atau Penyakit Refluks Gastroesofagus

Penyakit Gerd Menurut Biotechnology Information (NCBI)

Menurut Pusat Nasional untuk Biotechnology Information (NCBI), refluks asam mempengaruhi lebih dari 20 persen orang Amerika.
Gejala dapat berkisar dari ringan sampai parah. Gejala refluks lebih umum:
  • Ketika Berbaring Atau Membungkuk
  • Setelah Makan Berat
  • Setelah Lemak Atau Makanan Pedas
  • Refluks asam dapat terjadi setiap saat sepanjang hari. Namun, kebanyakan orang cenderung mengalami gejala di malam hari.
  • Hal ini karena berbaring memudahkan asam untuk naik ke dada.
 

Penyakit Gerd, Ini Cara Menghindarinya

Penyakit GERD tidak hanya mengancam pada seseorang yang mengalami kegemukan, pasien asma, wanita hamil dan gangguan kejiwaan atau stres psikis pun bisa terserang penyakit ini. Agar tidak terkena Penyakit GERD, berikut adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman (dan pengobatan):
  1. Hindari hal-hal yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan LES seperti makanan dengan tingkat keasaman tinggi dan berlemak (hamburger, jeruk, tomat), kopi, teh, alkohol, dan cokelat.
  2. Bagi porsi makan Anda menjadi beberapa kali dalam porsi yang lebih kecil daripada makan berlebihan dalam sekali waktu. Jangan makan larut malam. Jangan berbaring segera setelah makan.
  3. Kontrol berat badan dan hentikan rokok. Capai berat badan yang ideal sebab kegemukan akan memberi tekanan ekstra pada LES.
  4. Hentikan rokok karena tembakau akan meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan LES.
  5. Hindari bungkuk ke depan kecuali memang harus karena hal ini meningkatkan tekanan pada LES.
  6. Jangan gunakan ikat pinggang ketat atau pakaian yang ngepres.
  7. Naikkan posisi kepala tempat tidur Anda 6-10 inci karena berbaring datar menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.
  8. Cek atau konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat-obat penghilang rasa sakit yang dapat membuat gejala-gejala Penyakit GERD menjadi lebih parah.
  9. Pastikan bahwa dokter Anda mengetahui semua jenis obat yang Anda minum.

0 Response to "Penyakit Gerd (Refluks Gastroesofagus)"

Posting Komentar